Pengalaman Pertama Big Bad Wolf Books Indonesia

Kali ini, aku mau berbagi pengalaman (yang masih berkaitan dengan buku) menghadiri pameran buku terbesar. Ya, Big Bad Wolf Books, siapa sih yang ngga tau? Sebenarnya aku juga ngga tau kalau bukan dari beberapa grup buku. Acara ini sangat terkenal di Malaysia. Kenapa? Karena ini surga penikmat buku-buku import alias bahasa Inggris dengan harga miring. Di Indonesia sendiri pameran buku import termasuk sulit ditemukan mengingat selalu berpusat di kota-kota besar. Nah, langsung saja deh bagaimana sih rasanya Big Bad Wolf Books Indonesia ini?

Sebelumnya aku minta maaf karena tidak sempat foto ruangan pameran tapi sumpah deh, sangat amat luas, bersih dan dingin (karena ruangan ber-AC tentunya). Big Bad Wolf Books Indonesia berlokasi di ICE BSD, Tangerang dimulai dari tanggal 30 April – 8 Mei 2016. Aku beruntung banget bisa memenangkan VIP Ticket untuk datang pada hari Jumat, 29 April 2016 yang berarti bisa ‘menikmati’ terlebih dahulu surga ini. Yay! Dibuka dari jam 10 pagi, tapi sayang sekali karena menunggu teman selesai kerja, aku baru bisa dateng jam 7 malam. Huhuhu…

Begitu masuk, langsung deh tercium aroma buku. Kita juga ditawarkan untuk memakai trolley atau tidak. Tentu saja pakai donk :p Langsung aja perburuan buku dimulai! Penyusunan buku hanya berdasarkan GENRE dan NAMA BELAKANG si penulis. Misal, kamu mau mencari Rick Riordan berarti ambil kata R dari Riordan. Kalau kamu bingung, petugas siap membantu. Pembagian buku berdasarkan genre, antara lain: General, Romance, Young Adult, Fantasy, Literature, Historical, Cooking, Art/Design, Graphic Novel, dan masih banyak lagi. Sekali lagi, buku-buku tersebut adalah berbahasa Inggris/Import, so tidak ada buku lokal/terjemahan. Karena Mizan menjadi sponsor, maka hanya mereka yang menjual lokal/terjemahan.

Kesimpulan berdasarkan buku:

  1. Sebagai penggemar Erotica/Adult seperti aku, banyak buku yang kuharapkan tidak ada. Bahkan, beberapa buku tidak pernah aku kenal. Kebanyakan adult-nya mengarah ke Chick Lit yang dimana aku kurang suka.

  2. Untuk pencinta Historical Romance, pengarang andalan seperti Julia Quin, Lisa Kleypas, Elizabeth Hoyt, Maya Banks dan lainnya sangat jarang ditemukan. Sekali lagi, banyak pengarang luar yang tidak aku ketahui.

  3. Untuk Contemporary Romance, sayang sekali pengarang se-terkenal Colleen Hooever tidak ada. What? Rainbow Rowell saja cuma ada 2 judul. Whew…

  4. Kategori Paranormal Romance-pun tidak luput dari banyaknya pengarang terkenal seperti JR Ward, Gena Showalter, Sherillyn Kenyon, Kresley Cole, Nalini Singh yang tidak aku temukan. Hiks…

  5. Young Adult – Fantasy & Dystopia juga termasuk banyak pilihan tapi sedih rasanya tidak menemukan Marissa Meyer (The Lunar Chronicles), Marie Lu, Victoria Aveyard (Red Queen) dan lainnya.

  6. Untuk genre lainnya, aku cuma lihat sekilas saja karena bukan seleraku dan tidak dikenal. Hahaha…
  7. Sebagian besar buku berupa Paperback/Odd size (yang besar; bukan pocket) dengan harga mulai dari IDR 60,000. Dan yang termurah sekitar 45,000 untuk pocket size atau Romance Mills & Boon/Harlequin

  8. Kondisi termasuk sangat layak baca; tidak ada sobek dan lecek. Adanya seperti baru banget, ada juga yang kertasnya agak kuning.

Kesimpulan berdasarkan tempat dan pelaksanaan:

  1. Mungkin bagi aku yang tinggal di Tangerang, tempat ini termasuk dekat daripada harus ke Jakarta yang bisa berjam2. Lokasi startegis, mudah dijangkau, tempat parkir luas dan GRATIS masuk acara.

  2. Panitia yang ramah dan cukup membantu dalam mencari buku yang aku pengen 🙂

  3. Sebenarnya aku cukup kecewa, karena aku dapet FREE PASS H-1 tapi ada beberapa buku yang sudah sold 😦 Yah mungkin karena datengnya kemaleman.

Sekali lagi, aku ingin berterima kasih kepada Jakarta Book Club atas giveaway FREE PASS Big Bad Wolf Books Indonesia. Overall, aku cukup menikmati dan bersyukur adanya acara ini di Indonesia, jadi tidak usah jauh2 ke Malaysia. Semoga kedepannya bisa lebih maju dan sukses terus!

Beberapa kekurangan saja dan saran supaya kedepannya bakal lebih baik dan variatif pada stok jenis buku. Aku cukup kaget sih karena 50% untuk kategori Children beserta mainannya. Err… Sedangkan untuk pencinta Adult Romance sepertiku paling cuma 5% saja. Mungkin dalam acara selanjutnya, bisa menjual buku dari pengarang terkenal dari berbagai genre khususnya Contemporary, Suspense, Paranormal, dan Fantasy. Tidak lupa juga Young Adult – Fantasy & Dystopia, karena jujur saja sayang sekali banyak pengarang kurang ‘terkenal’ dan bukan wishlist.

Lalu, ada keanehan saat tiba disana. Hmm… Cukup membingungkan secara FREE PASS ini berlaku untuk 2 Dewasa + 1 Anak tapi ada rombongan  ibu-ibu yang masuk tanpa undangan. Ada juga yg anaknya banyak dan dikasih masuk aja tuh. Jadi, gunanya untuk apa? Apakah FREE PASS mudah didapatkan ?Karena aku terus pantengin FacebookBig Bad Wolf Books Indonesia yang mengadakan quiz dan membagi beberapa free pass tersebut kepada sedikit orang tapi setiba disana terasa cukup ramai.

Classic/Literature
General
Fantasy
Young Adult
Romance
Romance
Romance – Historical
Romance
Romance

Advertisements

21 thoughts on “Pengalaman Pertama Big Bad Wolf Books Indonesia

  1. wah! Makasih banyak untuk laporan selayang pandangnya nih! Aku pengen banget kesana tp lumayan jauhnya… ~.~” Tapi… tergiur juga karena dirimu blg buku2 dan mainan anak diskonnya banyak yg 50% *kekep dompet*

    btw, ini berarti hanya menjual buku2 impor saja ya?

    apa ada kemungkinan diselenggarakan lagi tahun depan ya?

    Like

    • Iyah, 90% buku import karena cm Mizan doank yg buka stand terjemahan/lokal.

      Klo kemungkinan ke depannya sih, baca di blog Ren Puspita ktnya klo sukses mau d adain 6 bulan sekali ga cuma d Jakarta. Well, semoga terwujud 🙂

      Like

  2. Mungkin karena ini pertama, dia menduga akan banyak ibu-ibu muda yang datang, jadi disediakan lebih banyak buku anak. Mungkin sesudah melihat distribusi usia/gender pengunjung, (mudahan) tahun depan akan bergeser proporsi genre bukunya 🙂 Apakah di-share ke penyelenggara keluhannya?

    Like

  3. Buku2nya ada yang terbitan baru ngga? semacam bukunya Robert Galbraith kaya gituu? Terus tau ngga kenapa harganya bisa jauh banget sama harga aslinya? apa karena kondisinya? Makasih 🙂

    Like

    • Jk rowling sm robert G itu ga da sama sekali wkt hari2 awal. Mungkin yg skrg baru stok datang lg ada yah 🙂

      Bisa jadi krn stok lama jadi d sale yah. Kondisi bagus kok. Trgntung buku ada yg kuning dikit tapi ga sobek ato lecek. Hardcover ms licin2

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s