Book Review: The Hidden Oracle by Rick Riordan

The Hidden Oracle by Rick Riordan
Series: The Trials of Apollo #1
Published: May 3rd 2016 by Disney-Hyperion
Language: English
Print Length: 384 pages
Genres: Fantasy, Mythology
Target Reader: Young Adult

Ebook: Amazon US • B&N • Kobo • iBooks
Paperback: Periplus

How do you punish an immortal?

By making him human.

After angering his father Zeus, the god Apollo is cast down from Olympus. Weak and disorientated, he lands in New York City as a regular teenage boy. Now, without his godly powers, the four-thousand-year-old deity must learn to survive in the modern world until he can somehow find a way to regain Zeus’s favour.

But Apollo has many enemies – gods, monsters and mortals who would love to see the former Olympian permanently destroyed. Apollo needs help, and he can think of only one place to go . . . an enclave of modern demigods known as Camp Half-Blood.

add-to-goodreads


REVIEW BY ALEXA

Di sepanjang hidupnya, Apollo selalu ada dalam spotlight. Dia mengklaim diri sebagai selebrity Dewa paling gaul, tampan mempesona, berjiwa seni, punya kendaraan keren dan follower berjibum yang memujanya. Saat Zeus melucuti semua fasilitas dan atribut dewata yang dia miliki, kemudian membuangnya ke Bumi sebagai remaja biasa (lengkap dengan jerawat dan tanpa perut 8 pack), dia sibuk menyalahkan semua pihak kecuali dirinya sendiri.

Yep!!! Setelah selalu disuguhi dengan hero/heroine Rick yang begitu menggagumkan, kali ini kita akan mendapatkan hero yang jauh dari sempurna. Seorang Dewa over pede, yang sangat egois dan berwujud manusia biasa (tidak setampan Percy dan Jason, tidak seterampil Leo, tidak secerdas Annabeth dll dll daftarnya akan panjang kalau kusebutkan semuanya). Masalahnya, narasi OOT narsis dan over pede Apollo di sini lucu banget. Kita akan “menertawakan” semua kesengsaraan dan narasi galau yang dikeluhkan Apollo. Sejak halaman awal, buku ini sudah memberikan aura kocak bikin gelindingan yang berbeda dari serial Magnus Chase yang lebih serius.

Alur cerita ini berkisar pada era setelah ancaman kebangkitan Gaea dan memberikan villain baru yang ternyata menjadi dalang dibalik peperangan sebelumnya. Terasa agak lambat dan minim adegan aksi (hanya ada di sekitar 75-90 ending buku). Hal ini bisa dimaklumi karena selain dia kehilangan kekuatan tempur dewanya, Apollo adalah dewa yang lebih suka bertempur dengan berbalas pantun mematikan atau beraksi sebagai satria berukelele.

Bagi para fans Percy Jackson, dia akan muncul di seri ini hanya sebagai figuran, jadi sama sekali tidak mencuri spotlight dan peran utama dari kisah Apollo. Setting buku ini adalah Half Blood Camp, jadi kita bisa temu kangen dengan tokoh-tokoh lama (minus Anabeth) dan juga para demigod baru. Yang aku suka di sini banyaknya peranan heroik dari para demigod dewa-dewa selain tiga besar. Selain itu aku menyukai karakter Apollo yang digali mendalam tanpa menghilangkan konsistensinya. Bagaimana perkembangan dia dari seseorang yang begitu egois untuk mulai merasakan keperdulian pada orang lain disekitarnya dan bisa menyadari kesalahan-kesalahannya. Pelajaran hidup yang diperoleh Apollo dalam kisah ini sangat manusiawi dan beberapa bisa kita temui di kehidupan nyata.

Buku ini asyik buat dibaca dan jauh dari kata membosankan, tapi jelas cuma pemanasan menuju buku ke-2nya yang menjanjikan petualangan di Camp Jupiter yay!!! Ada kejutan besar di chapter akhir yang pasti akan disambut dengan suka cita oleh semua fans Rick Riordan yang tidak akan kubocorkan di sini hohohohoho…. Seri ini bisa dibilang lanjutan dari seri The Heroes of Olympus, jadi pastikan kau sudah membaca sebelumnya agak bisa mengikutin semua plotnya dan mengenal karakter-karakternya dengan sempurna. Untuk pembaca muda, buku ini diharapkan dibaca dengan bimbingan orang tua karena ada beberapa topik cinta sesama jenis yang dibahas dan butuh penjelasan positif (as you know, Apollo’s swing both way).

OVERALL RATING

4starshappyreading

Advertisements

2 thoughts on “Book Review: The Hidden Oracle by Rick Riordan

  1. Aaaa…. Diterbitin di indo kapaann….
    Kalo kata dirimu ini kelanjutan HOO aku wajib punya maam. Aaa pengen pengen pengeeeeenn 😫😫😫😫

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s