‘Kedashyatan’ Big Bad Wolf Books Indonesia 2017

Hello! Sudah lama tidak post dan kalian pasti bingung, kemana yang punya lapak? Yes, kami sekarang sudah punya kesibukan masing-masing juga dikarenakan satu lain hal. Post kali ini spesial dikarenakan Big Bad Wolf Books Indonesia (BBW) hadir kembali. Pasti para book lovers sangat excited dengan acara ini apalagi bisa mendapakan buku import dengan harga miring. Setelah sukses dengan acara perdananya di Tangerang lalu Surabaya pada tahun 2016, kali ini BBW menyelenggarakan di Jakarta. Uh huh… Jakarta coret aka Tangerang, again. Pasti banyak yang kecewa setelah melihat info ini. Jelas ICE BSD bukan di Jakarta tapi tidak masalah bagi saya yang tinggal di Tangerang. Hehehe…

Acara BBW 2017 ini mengalami cukup banyak perubahan dibanding tahun lalu (baca review disini). Mulai dari tanggal 21 April sampai 2 Mei 2017, BBW akan buka non-stop 24 jam. Perubahan yang jelas terasa adalah penambahan hall 8, 9 dan 10. Sangat luas dibanding tahun lalu. Parkir cuma bayar sekali masuk, yaitu IDR 20,000 sepuasnya tapi saya sih naik UBER :p

Seperti biasa, BBW memberikan VIP ticket untuk dapat melihat pre-sale tanggal 20 April 2017 sebelum dibuka umum. VIP ini tidak berasa spesial; berasa ngantri sembako dan TIDAK BERGUNA karena berakhir tragis. . Lebih parah dari tahun lalu yang dimana ngga punya tiket bisa masuk, tapi sekarang semua rasanya bisa dapat VIP. Mulai jadi member BBW, jawab quiz dan khusus Blogger/Vlogger. Saya sudah daftar sebagai Blogger dan dapat VIP tapi henpon tertinggal di rumah -_- jadi nebeng tiket teman. Yah, saya ga sempet dokumentasi antrian karena terlalu syok. Datang jam stengah 9 pagi yang antri sudah ratusan orang. Begitu sampai, langsung tuker tiket dr e-mail lalu antri untuk kurang lebih 15 menit.

Pada BBW kali ini saya merasa denah tempat lebih teratur karena beberapa seksi mudah tercari. Seperti bagian Children yang spesial paling besar. Diikuti oleh General, Non-Fiction, Literature, Romance, Young Adult, Fantasy, Graphic Novel, Architecture/Design, Beauty & Fashion, Cookery, Art & Craft Books, Religion, Self-help, dan tidak ketinggalan, Indonesia alias Terjemahan. Penyusunan buku masih termasuk random alias menclok-menclok jadi yah harus punya penglihatan super. Langsung aja simak curhat mengenai BBW 2017.

Kesimpulan berdasarkan buku:

  1. Kalau kamu punya OCD dengan cover buku, disini mostly semuanya versi UK. Apa bedanya? Penerbit US dan UK terkadang tidak memiliki cover sama. Gimana cara bedainnya? Liat pada back cover dan cek harga aslinya pakai USD$ (Amerika) atau Β£ (Pound sterling UK).

  2. Masih seperti tahun lalu genre Adult Romance tidak bisa diharapkan. Tambah suram? Banget. Romance dsini lebih mengarah ke Chick Lit. Kalau mencari Nora Robert, JD ROBB, Jodi Picoult dan Nicholas Sparks masih bisa lega. Tapi, jangan harap ketemu buku Colleen Hoover atau Jamie McGuire apalagi penerbit Indie. Malah buku FSOG EL James banyak sekali -_- *lelah*

  3. Untuk Contemporary/Erotica sekelas Sylvia Day, Maya Banks, Lisa Kleypas, Rainbow Rowell atau Jenny Han cuma ada satu-dua buku. Sepertinya juga stok lama. Yang saya ingat sih sisanya seperti Jojo Moyes, Natasha Boyd, Abbi Glines, J. Kenner, Tara Sue Me, Jodi Ellen Malphas. Kali ini banyak pengarang yang lebih tidak memorable.

  4. Paranormal Romance? Jangan harap! JR. Ward atau Gena Showalter saja tidak ada. Sekilas cuma lihat Kresley Cole, Sherrilyn Kenyon, Nalini Singh dan Jennifer Armentrout yang dimana cuma ada satu-dua buku.

  5. Historical Romance juga tidak kalah suramnya. Lebih parah dari tahun lalu. Johanna Lindsey, Julia Quinn, Elizabeth Hoyt, Eloisa James, Sabrina Jeffries dan Lisa Kleypas juga tidak nampak.

  6. Untuk penggemar Fantasy cukup berbahagia karena tahun ini lebih banyak pilihan. Marissa Meyer (cuma Cress & Fairest), Victoria Aveyard (Red Queen), Leigh Bardugo (Grisha Trilogy), Cassandra Clare (Mortal Inst), atau Rick Riordan (Percy series) bisa ditemukan. Sangat disayangkan, saya tidak menemukan Marie Lu, Kiera Cass, Sarah J. Mass, Sabaa Tahir, Tahere Mafi, Laini Taylor, etc.

  7. Bagi penggemar Game of Thrones oleh George R. R. Martin, hanya tersedia A Feast of Crows dan A Dance with Dragons dengan ukuran Paperback/Odd size bukan pocket. Ada J.K. Rowling? Nope. J.R.R. Tolkien? Tidak ditemukan.

  8. Untuk genre lain, maaf saya tidak kesana secara khusus tapi sekilas cukup menjanjikan. Oh ya, saya bingung dengan beberapa staff yang nampaknya bukan dari dunia buku. Sangat disayangkan karena penulis sekelas GRRM saja tidak tahu. Lalu, artbook dipikir sama seperti art/craft book. Padahal masih muda-muda harusnya sudah update lah soal ginian.

  9. Buku tersedia dengan barbagai macam ukuran dengan harga mulai dari IDR 65,000. Kondisi termasuk bagus seperti baru. Tapi tetap saja harus jeli karena saya menemukan beberapa cover yang lecet atau dengan garis lipatan, dan halaman yang agak kuning.

General Fiction/Literature
General Fiction/Literature
General Fiction/Literature
Mills & Boon (Harlequin UK version)
Sepertinya masuk bagian Romance
Romance (Lapaknya gede sendiri :p), ada box set UK version IDR 250rb!
Romance
Romance
Romance
Romance
Young Adult
Young Adult
Young Adult
Fantasy
Fantasy
Graphic Novel/Book (cuma ada setengah rak; sisanya komik bule macam Marvel, Star Wars, DC)

Pada akhirnya saya membeli buku yang bukan wishlist. Hahaha… Namun cukup memuaskan dan karena keterbatasan dana, ada beberapa buku yang harus ditinggal. Eits… Setelah memilih buku kita HARUS kembali antri untuk pembayaran. Yup, kasir sudah diperbanyak hingga 30 buah namun tetap saja rasanya perjuangan masih panjang. Saya harus melewati perjuangan antri sebelum menuju kasir. But… Thanks to my friend yang pengguna Bank Mandiri (karena sponsor dari BBW), dengan menukar Fiesta Point mendapatkan fast track alias skip antrian menuju kasir.

Perjuangan belum selesai, di kasir saya HARUS antri lagi kurang lebih 8-10 orang dengan belanjaan 3-5 troli yang kebanyakan borong buku anak-anak. OHMYGOD! Setelah nunggu sekitar 1 JAM, saya baru tiba di kasir. Untunglah saya bawa uang tunai jadi transaksi cepat selesai. Lah, teman saya yang menggunakan kartu Mandiri tersedat karena persoalan mesin. Itu juga terjadi pada kasir lain yang sering meminta Support -_-

Overall, BBW 2017 ini membuat saya sangat traumatik. Coba lah kasirnya dibagi untuk yang berbelanja sedikit biar ga menderita ikutin yang belanja banyak pakai troli. Dan lebih apesnya, mesin barcodenya tidak berfungsi jadi kasir harus hitung manual. BAYANGIN saja yang belanjaan se-gunung itu di itung manual! #facepalm. Cuma minta satu, tolong donk VIP ticket itu rasanya kayak EKONOMI. Ibarat label limited edition tapi dijual mass product.

Betewe, ada yang curhat di facebook soal antrian semalam. Mereka harus nunggu total 5 jam sampai kasir. SUPER sekali. Siap mental (dan tenda) deh yang mau pergi long weekend.

Advertisements

7 thoughts on “‘Kedashyatan’ Big Bad Wolf Books Indonesia 2017

  1. Semalam ke sana. Mulai antre jam 19.40, bayar di kasir jam 00:48 *kry*. Sampe habis baca satu buku sambil ngantre haha. Dan jam segitu masih banyak papah-papah dan mamah-mamah muda yang ngantre sambil gendong anak :”

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s